Home > Kajian Islam > Kajian Islam “Karakter Muslim”

Kajian Islam “Karakter Muslim”

Dalam pembentukan dan pengembangan karakter diri muslim terdapat 4 elemen penting yang harus dketahui dan dimiliki oleh seorang pribadi muslim. Keempat elemen penting tersebut adalah:

1.       Tauhid. Inti dari ajaran Islam adalah Tauhid. Sebagian besar surat Al Quran isinya melarang manusia menduakan Allah SWT. Cerita tentang nabi-nabi terdahulu, seperti Nabi Musa, Isa, Ibrahim dan lain-lain, menekankan agar manusia bertauhid. Terlebih dalam konsep Islam setiap jiwa secara kodrati adalah bertauhid, mampu mengenal Allah SWT, karena sebelum jiwa dihembuskan ke dalam jasad ia telah mengakui Allah SWT. Sebagaimana firman Allah SWT: ”Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman): “Bukankah Aku ini Tuhanmu?” Mereka menjawab: “Betul (Engkau Tuhan kami), kami menjadi saksi.” (Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan: “Sesungguhnya kami (bani Adam) adalah orang-orang yang lengah terhadap ini (keesaan Tuhan)” (QS Al A`raaf: 172). Melalui elemen pertama ini diharapkan akan terbentuk sikap ihsan, ikhlas, jujur, mandiri dalam bekerja.

2.       Sikap Mental Positif. Sikap mental merupakan hal kecil namun mampu memberikan perbedaan besar dalam proses pencapaian kesuksesan seseorang. Output yang didapat dari elemen kedua ini adalah pribadi yang berfikir positif, percaya diri, siap menghadapi perubahan dan siap untuk meraih kesuksesan.

3.       Ibadah. Yang dimaksud ibadah sebagai elemen ketiga dalam CDP Concept ini adalah sebuah pernyataan ketundukan seorang hamba terhadap Rabb melalui pelaksanaan ibadah berdimensi vertikal. Ibadah merupakan tujuan dari penciptaan manusia. Sebagaimana firman Allah SWT “Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku” (QS Adz-Dzariyaat: 56). Melalui elemen ketiga peserta pelatihan akan menyadari hakikat diri dan visi misi dalam kehidupan mereka.

4.       Amal Sholeh. Amal sholeh dimaksud pada elemen ini adalah perbuatan/amal yang memiliki dimensi horisontal. Amal yang mampu memberikan kebermanfaatan bagi manusia lainnya. Sebagaimana sabda Rasulullah saw “Sebaik-baik manusia adalah yang mampu memberikan manfaat terbaik bagi orang lain”. Melalui elemen terakhir ini diharapkan akan menghadirkan pribadi yang bersemangat menjadi yang terbaik dalam menjalankan amanah dan menghasilkan kebermanfaatan nyata bagi orang disekitarnya.

Tirta Priambadha, 12 Maret 2011

Categories: Kajian Islam
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: