Home > Kajian Islam > Kajian Islam “Pribadi Unggul”

Kajian Islam “Pribadi Unggul”

Kita misalkan seorang Adam Smith membuat buku tentang Wealth of Nation dan adalah sebuah buku biasa karena para pembacanya saat itu juga orang yang biasa saja tetapi kemudian buku itu dibaca oleh yang mempunyai kapasitas ilmu tentang ekonomi sehingga menjadi buku yang sangat membawa manfaat bagi pengmbangan ilmu ini. Begitu juga jika kita misalkna kitab suci kita Al-Qur’an hanya dibaca oleh orang – orang yang tidak mempunyai kapasitas maka hanya akan menjadi sebuah kitab yang hanya dibaca tidak merasuk ke dalam relung hatinya sehingga jauh dari kedamaian hati dan ketentraman, oleh karena itu kitab kita ini perlu dipahami oleh orang yang benar – benar memiliki kapasitas dan disampaikan oelh orang – orang yang benar – benar paham sehingga bisa memahamkan orang lain dan menyebarkan ilmunya tersebut.

–          Tadabur qur’an surat Al – A’raf 11 – 18

Inti dari surah ini adalah penciptaan Nabi Adam as. Dan kesombongan iblis yang melanggar perintah Allah SWT untuk menyembah Adam, dan Allah Akhirnya memgusir Iblis dari surga tetapi dengan memberikan syarat agar dibeeri usia yang panjang agar bisa mencegah anak cucu adam untuk berada di Jalan – Nya dan iblis akan menyerang anak cucu adam dari segala arah. Oleh karena itu Nai Adam As. Diberi akal oleh Allah SWT untuk mencegah terbawa arus bujukan iblis.

–          Taddabur Qur’an surat Al – Qashash 1 – 18

Hal ini mnceritakan tentang kehidupan Nabi Musa As. Yang menyelamatkan kaum Yahudi dari cengkraman Fir’aun dan dapat kita ambil makna dari kisah ini bahwa Allah SWT mengajarkan konsep tentang intelejensi dengan baik karena saat itu Musa kecil dihanyutkan sungai Nil dan diterima dengan baik oleh  Fir’aun padahal saat itu terjadi pembantaian besar – besaran terhadap bayi laki – laki karena saat itu fir’aun mendapatkan ramalan bahwa ia akan dibunuh oleh seorang lelaki dari kaum yahudi tetapi Musa tetap dibiarkan hidup atas permintaan istrinya yang cantik jelita, hingga waktu itu tiba saat Musa muda harus menghadapai Fir’aun dengan bantuan Allah SWT sehingga akhirnya bisa menyelematkan kaum yahudi.

Tirta Priambadha, 23 Oktober 2010

Categories: Kajian Islam
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: