Home > Dialog dan Diskusi Tokoh > Diskusi tentang “Persaingan antar Entrepreneur” dengan Iman Supriyono, Wirausahawan dan Penulis Buku

Diskusi tentang “Persaingan antar Entrepreneur” dengan Iman Supriyono, Wirausahawan dan Penulis Buku

Dislusi kali ini menghadirkan seorang penulis yang mempunyai visi entrepreneurship yang besar. Beliau adalah Iman Supriyono, yang telah banyak menulis beberapara buku yang cukup menarik untuk dibaca. Salah satu bukunya yang best seller ialah Guru Goblok ketemu Murid Goblok yang bercerita tentang kiat-kiat untuk menjadi seorang investor dan entrepreneur yang handal.

Setelah itu beliau banyak bercerita bagaimana perusahaan-perusahaan asing menguasai perdagangan dan perindustrian di Indonesia. Banyak informasi penting mengenai strategi-strategi pemasaran yang bisa saya ambil disana. Terlebih agi informasi bahwa ternyata perusahaan-perusaahaan asing itu menggunakan cara-cara yang cukup licik untuk tetap terus membesarkan usahanya di Indonesia

Untuk mendalami suatu bidang dibutuhkan waktu yang sangat lama dan harus benar – benar sabar dalam mempelajari dan Beliau memberikan informasi bahwa jika ingin mahir terhadap suatu keahlian maka diperlukan waktu total 10.000 jam ini dianalogikan pada pengalaman seorang pilot dan beberapa ahli lain yang pernah belajar untuk mendalami suatu ilmu. Untuk menjadi seorang entrepreneur handal maka ada hal – hal yang harus diperhatikan antara lain :

  • Kemampuan Jualan ( marketing ) dan komunikasi.
  • Kemampuan untuk mengelola keuangan.
  • Kemampuan Teknis.

Sesuatu yang ingin dijual haruslah sesuai dengan keinginan pasar serta kemampuan beli masyarakat yang ada dan dalam proses marketing tidak akan berhasil jika yang dijual sama saja dengan produk lainnya oleh karena itu diperlukan sebuah packaging yang menarik karena bagaimanapun pasar akan lebih banyak melihat pengemasan sebuah produk.

Selain kemampuan entrepreneur juga harus ada unsur vertical ke atas yaitu Allah SWT atau biasa kita sebut selalu berdakwah untuk jalan kebaikan oleh karena itu sebuah keberhasilan usaha jika tidak dibarengi dengan Niat dan tujuan yang benar maka tidak akan membawakan barokah bagi pemiliknya. Kemudian sebuah keberhasilan bisa dikatakan berhasil jika ada sebuah comparison yang jelas artinya ada sebuah benchmarking dengan pesaing lain yang akhirnya memaksa kita untuk selalu berinovasi terhadap segala kemungkinan yang ada.

Segala sesuatu itu dimulai dari sebuah langkah kecil termasuk untuk menjadi penulis maka dimulai dari sebuah kesalahan pembelajarn kemudian menjadi sebuah pengalaman berharga sehingga bisa terus dievaluasidan terus berkembang menjadi lebih baik seiring berjalannya waktu.

Tirta Priambadha, 27 Desember 2010

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: