Home > Dialog dan Diskusi Tokoh > Diskusi dengan Dr.Imam Mustofa, Direktur Kemahasiswaan UNAIR

Diskusi dengan Dr.Imam Mustofa, Direktur Kemahasiswaan UNAIR

Dalam menjalani kehidupan perkuliahan, kita harus bersikap seimbang antara softskill dan hardskill. Karena keduanya sama-sama diperlukan ketika kita keluar dari dunia kampus (dalam artian sudah lulus). Boleh saja kita menjadi aktivis, namun nilai akademik harus tetap baik. Manajemen waktu, mengatur jadwal, menetapkan target serta disiplin menjadi  hal yang harus sudah kita kuasai.

Motivasi juga menjadi hal penting di dalam kehidupan ini. Dengan adanya motivasi, maka akan ada dorongan dan kemauan yang lebih untuk meraih sesuatu. Motivasi tersebut bisa dari mana saja datangnya. Entah dari dalam diri kita sendiri ataupun pengaruh dari lingkungan sekitar kita. Selama motivasi tersebut bertujuan baik, maka tidak ada salahnya kita berusaha keras untuk menggapainya. Kita juga dapat menggunakan Prinsip 3M, yaitu mulailah dari yang kecil,setelah itu mulailah pada diri sendiri dan mulai sekarang.

Pada hakikatnya semua tempat ialah ruang kuliah, prinsip ini akan meembuat kita merasa bahwa setiap saat kitapun bisa belajar dan menuntut ilmu. Prinsip yang disebut University of Life itu diantara lain ialah :

  • Semua tempat ialah ruang kuliah
  • Semua orang bisa menjadi seperti diri kita
  • Semua masalah ialah mata kuliah kita
  • Kurikulum ialah sesuatu yang kita buat sendiri

Masalah yang ada di kehidupan kita itu sebenarnya ialah anugrah, karena setiap kali kita mampu menyekesaikan masalah itu, maka akan semakin bertambah kekuatan kita untuk menghadapi hal yang serupa di masa yang akan datang. Karena sesungguhnya Allah tidak akan memberikan cobaan/masalah diluar kemampuan hambanya.

Kita tidak boleh merasa menjadi orang yang paling hebat,karena setelah kita merasa sudah hebat maka kecenderungannya kualitas diri kita akan menurun. Dalam hidup ini dibutuhkan juga perencanaan agar kita lebih terstruktur dalam menjalani waktu-waktu yang akan datang. Orang gagal ialah orang yang cepat menyerah akan apa yang direncanakannya, sedangkan orang sukses ialah orang yang tidak akan menyerah sebelum berhasil.

Tirta Priambadha, 1 September 2010

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: